Senin, 30 April 2018

Kiat-Kiat Sukses Merawat Sapi

FAKTOR-FAKTOR APA SAJA YANG DAPAT MENENTUKAN PERTUMBUHAN SAPI



Faktor-faktor yang dapat membantu menentukan pertumbuhan sapi adalah bibit yang berbagus kualitas , pakan yang lengkap dan bagus ,baik secara jumlah maupun kandungan gizinya , pemeliharaan yang tepat , ke NASA bersihan kandang , program vaksinasi yang teratur , pencegahan dan pemantauan penyakit sedini mungkin dan kontinyu . Produk NASA yang bagus diberikan POC NASA sangat bagus diberikan untuk melengkapi pakan sapi ,dimana produk NASA mengandung protein,vitamin dan mineral .

BAGAIMANA MEMILIH KRITERIA BAKALAN SAPI YANG BAGUS UNTUK USAHA PENGGEMUKAN ?
- Carilah bakalan sapi yang berumur 1,5-2tahun,jenis kelamin jantan
- Tidak ada cacat pada tubuhnya
- Mata cerah
- Bulu bersih,mengkilap tidak kusam
- Nafsu makan bagus
- Gerakan sapi lincah
- Sapi dalam kondisi sehat tidak sakit

BAGAIMAN MENGATASI MATA MERAH PADA SAPI?
Mata merah pada sapi dapat disebabkan karena iritasi atau infeksi yang disebabkan karena terkena debu ,tertular sapi lain yang sudah terkena sakit mata atau gesekan mata pada dinding atau tiang kandang karena sapi merasa gatal pada matanya atau adanya lalat yang menempel .
Cara penangananya segera berikan obat mata , jaga kebersihan kandang dan mandikan sapi secara teratur.

BAGAIMANA UKURAN KANDANG SAPI YANG IDEAL BAIK UNTUK TIPE KANDANG INDIVIDU?
Kandang sapi individu diperuntukan bagi 1ekor sapi.Ukurannya disesuaikan dengan ukuran tubuh sapi.Biasanya kandang sapi individu ukuran  2,5x1,5meter.Kandang seperti ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan sapi potong lebih pesat,karena sapi memiliki ruang gerak yang tidak terlalu luas ,sehingga pakan yang dikonsumsi sapi dapat lebih terarah pada pembentukan daging.

BAGAIMANA CARA PEMBERIAN PAKAN YANG IDEAL UNTUK USAHA PENGGEMUKAN SAPI ?
Pemberian pakan untuk usaha penggemukan sapi adalah dengan mengkombinasikan antara pakan hijauan dengan konsentrat.Rasio pemberian hijauan dan konsentrat tergantung dari ketersediaan hijauan di lokasi penggemukan.Jika hijauan yang tersedia berkualitas rendah seperti pucuk tebu atau jerami padi,rasio hijauan dengan konsentrat adalah 60:40.Jika hijauan berkualitas baik,misalnya rumput gajah,setaria,lamtoro,gamal dan kaliandra,rasio hijauan dengan konsentrat cukup 80:20 atau 70:30

BAGAIMANA MENGATASI LUKA PADA KULIT SAPI?
Luka dapat disebabkan karena infeksi akibat gesekan yang dilakukan sapi.Luka dibersihkandengan alkohol 70%,kemudian ditaburi penicilin powder sampai sembuh.Obat dapat diperoleh di toko obat hewan atau apotik terdekat.

APAKAH PRODUK NASA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK SAPI YANG SEDANG BUNTING?
Produk NASA bisa digunakan untuk sapi yang sedang bunting dengan menggunakan VITERNA dan POC NASA.Cara Pemakaian :VITERNA dan POC NASA dicampur terlebih dahulu menjadi satu . Dosis :1tutup botol campuran dari 2produk NASA tersebut per ekor, dicampurkan pada pakan basah/komboran.Untuk 5bulan pertama kebuntingan diberikan sulan ke6kebuntingan diberikan 3setiap hari,kemudian bulan ke6kebuntingan diberikan 3hari sekali.

APAKAH PRODUK NASA DAPAT MENYEBABKAN KEMAJIRAN PADA SAPI YANG SEDANG BUNTING?
Produk NASA seperti VITERNA dan POC NASA tidak menyebabkan kemajiran karena produk NASA merupakan suplemen pakan ternak yang berasal dari bahan-bahan alami dan mengandung vitamin,mineraldan beberapa unsur protein yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan janin dan kesehatan bagi induk sapi itu sendiri.

KENAPA SAPI BALI SETELAH DIBERIKAN PRODUK NASA SEPERTI POC NASA,VITERNA,DAN HORMONIK SETIARI JADI DIARE,TAPI KALAU DIBERIKAN SEMINGGU SEKAI TIDAK DIARE,KIRA-KIRA KENAPA ?
Kondisi tiap sapi berbeda kemampuan adaptasi terhadap suatu pakan baru juga berbeda.Sapi membutuhkan waktu rata-rata 5-7 hari untuk beradaptasi terhadap pakan baru.Diare adalah suatu bentuk responsive dari tubuh terhadap pakan baru ,jadi tidak perlu kwatir,hanya memerlukan cara yang tepat untuk memberikan produk NASA pada sapi yang sudah besar atau diatas 5 bulan adalah dengan mencampur produk NASA pakan basah adiberikan dengan dosis standar.tau komborannya.Untuk 7 hari pertama diberikan dengan dosis setengah dulu dari standarnya(setengah tutup campuran dari 3produk NASA tersebut per ekor perhari)selanjutnya setelah seminggu baru .

BAGAIMANA MENGATASI PENYAKIT YANG MENYERANG PADA MULUT DAN KUKU SAPI?
Penyakit mulut dan kuku (PMK)disebabkan oleh virus dengan jenis RHINOVIRUS.
Ciri-cirinya:adalah mulut melepuh dan engeluarkan lendir,demikian pula dengan kuku.Tanpa penangan serius,sapi akan mengalami kematian karena mulut tidak bisa mengkonsumsi pakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar