Jumat, 24 Agustus 2018

Cara Budidaya Manggis


Cara Budidaya Manggis Agar Cepat Berbuah – Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian, si “raja buah”. Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.


Belilah biji buah manggis dari seller yang terpercaya. Kemudian pastikan bahwa biji tetsebut jelas varietas dan jenisnya. Benih biji harus berasal dari benih yang terpercaya dan tersertifikasi. Biji buah berasal dari tanaman yang telah berumur minimal 15-17 tahun. Pastikan biji dapat langsung di semai tanpa harus di stratifikasi telebih dahulu.
Siapkan media tanam berupa tanah, dan pupuk kandang atau humus. Gunakan rasio perbandingan media tanam 1:1:1. Kemudian campurkan media hingga merata dan ambil bagian media yang halus saja. Setelah itu masukkan media tanam kedalam polibag tanam berukuran sedang. Isikan media kedalam polibag hingga media padat dan rata. Kemudian tanamkan biji kedalam media tanam. Siram media tanam menggunakan air, hingga jenuh.
Buat lubang tanam terlebih dahulu dengan ukuran panjangxlebarxtinggi yakni 50x50x50 cm. Kemudian tambahkan pupul kandang 5-7 kg kedalam lubang tanam. Bersihkan juga daerah sekitar lubang tanam dari gulma yang menganggu. Kemudian biarkan selama 1 minggu baru kemudian bibit dapat di tanam. Pilih bibit yang berkualitas baik untuk di pindah tanam ke lahan. Buka plastik polibag dengan hati-hati, biarkan tanah media ikut tertanam. Kemudian masukkan bibit kedalam lubang tanam.
Pemupukan merupakan faktor sayang paling dominan untuk kelangsungan tanaman yang subur. Cadangan nutrisi dalam media tanam harus terus ada, dari itu pemberian pemupukan susulan perlu rutin Pemupukan ini dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organic Pupuk Organik yang digunakan adalah Poc Nasa. Adapun dosisnya adalah 4tutup Poc Nasa dicampur dengan 15liter air kemudian semprotkan pada tanaman secara merata
Pengendalian hama tanaman menggunakan Pestona, larutkan 5-10cc per 1liter air. Kemudian semprotkan pada tanaman yang terserang hama secara merata. Untuk hasil maksimal sebaiknya disemprot sesering mungkin minimal 3x per musim.
Tanaman manggis yang ditanam dari biji akan mulai berbuah pada umur 10 tahun setelah tanam. Namun, hal tersebut sangat bergantung pada perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan  .

Info/Pemesanan

WA: 085732846757 / 081216233789

Tidak ada komentar:

Posting Komentar