Rabu, 11 April 2018

3 Penyakit Utama Pada Ikan Guppy



Banyak sekali jenis ikan hias yang tersedia untuk mengisi kolam dan aquarium. Salah satu ikan hias yang dipelihara oleh sebagian kecil pecinta ikan hias ialah ikan Guppy. Ikan Guppy masuk dalam spesies ikan air tawar yang mempunyai bentuk tubuh kecil dan dilengkapi dengan ekor yang bagus dan cantik serta penuh warna. Sekilas memang ikan Guppy tampak seperti ikan cupang.

Namun kenyataanya kedua jenis ikan ini berbeda. Pada umumnya, selain untuk hiasan, ikan cupang digunakan untuk diadu. Lain halnya dengan ikan Guppy yang hanya difungsikan sebagai ikan hias saja. Ikan Guppy lebih kaya akan jenis dan namanya.

Ikan Guppy merupakan ikan hias yang bisa memberikan efek senang dan kepuasan tersendiri bagi yang melihatnya. Ikan Guppy sebenarnya ikan liar yang hidup di alam bebas. Karena keindahan dan keunikannya, tidak sedikit orang yang memeliharanya hingga mengembang biakkan ikan yang satu ini.

Salah satu masalah yang dihadapi saat budidaya ikan Guppy atau sekedar hobby, yaitu penyakit pada ikan Guppy penyakit yang cepat sekali menular dan tak kunjung sembuh tidak hanya dapat membuat ikanya stress, tetapi breedernya pun bisa ikut-ikutan jadi stress.

Banyak jenis penyakit ikan Guppy penyebabnya pun bermacam-macam dari Jamur, Bakteri, Kutu, Virus, Parasit Bintik Putih dsb,  ikan Guppy dapat terserang penyakit karena kolam tempatnya kurang bersih dan juga cuaca menyebabkan suhu air berubah-ubah secara cepat, itulah salah satu Penyebab ikan Guppy mati mendadak.



Ciri-ciri ikan Guppy sakit : ikan guppy sakit akan terlihat ia berdiam di dasar air atau sebaliknya ia berada dipermukaan air diam tak bergerak, tergantung dari penyakit yg menyerang, biasanya ikan akan berenang lemas, ekor menguncup dan tidak lincah saat berenang.

Cara mencegah penyakit ikan Guppy dan cara mengatasi penyakit ikan Guppy pun cukup mudah tergantung jenis penyakit yang menyerang ikan Guppy tersebut.

Dari berbagai penyakit ikan Guppy saya akan membahas,

1. Penyakit Kembung

Pertama Penyakit yang sering menyerang ikan Guppy yaitu penyakit kembung, merupakan peradangan usus terlihat dari perut ikan menjadi bengkak, dan ikan terlihat diam di permukaan dan sulit untuk berenang ke dasar air.



Cara mengatasi penyakit kembung pada ikan Guppy :

Pisahkan ikan ke wadah yang airnya sudah diberi garam inggris 

"1 sendok teh garam Inggris tiap 1/2 liter air", biarkan 3 sampai 5 jam lalu.

Segera Isolasi atau pindahkan ikan ke wadah atau kolam perawatan.

Wadah perawatan ikan isi dengan air tidak terlalu tinggi atau air 3x tinggi ikan.

2. Penyakit Kutu Jarum atau Kutu Jangkar


Penyakit inilah yang sangat berbahaya untuk ikan-ikan hias kecil seperti ikan Guppy, dan 100% ikan akan mati jika tidak diatasi, jika dalam 1 kolam 1 ikan terjangkit penyakit ini, maka dalam 3 hari semua ikan akan terinfeksi parasit ini karena larva akan cepat menyebar / menular menjakit satu kolam atau aquarium tersebut.

Seperti parasit ia menancapkan jangkar ketubuh ikan Guppy, dan jika kita paksa mencabutnya dapat merusak bagian tubuh ikan Guppy akan ikut terangkat bahkan mengkoyak tubuh ikan Guppy.


Penyakit ini biasa terjadi saat mengambil salah satu ikan dari luar ( Kolam Terbuka ) dan memasukannya ke aquarium dan larva akan berkembang bebas karena tidak ada sinar matahari.

Apakan penyebab penyakit kutu jarum atau kutu jangkar pada ikan Guppy ?? siapakah dalangnya ??

Ini dia dalangnya !! 

Ini dia penyebab ikan Guppy saya terkena kutu jangkar, ADA KATAK / KECEBONG yang suka nyemplung sembarangan ke kolam - kolam bak terbuka yang berada di belakang rumah tanpa jaring pengaman. Predator alami ikan Guppy Musuh abadi breeder guppy, sering makan ikan Guppy saat kita terlena dan bila jarang menengok kolam .

Cara mengatasinya :

Karena jika satu ekor terkena parasit kutu jangkar maka 1 aquarium atau wadah dari ikan tersebut 50% terinfeksi penyakit yg sama untuk pengobatannya gunakan abate atau bisa juga pindahkan Guppy ke kolam yang langsung terkena sinar matahari ( ada pengalaman pribadi ), dan cuci bersih aquarium lalu jemur.

Jangan khawatir Penyakit ini tidak dapat tumbuh di kolam luar rumah yang langsung terkena sinar matahari.

Penyakit ini hanya akan terjadi apabila 

1. Kolam dalam rumah kemasukan katak/kodok

2. Mengambil ikan Guppy dari kolam diluar rumah yang baru kemasukan katak/kodok



Cara mencegah Penyakit ikan Guppy Kutu jangka :

Jangan sampai kolam atau aquarium dalam rumah kemasukan katak/kodok.

Gunakan jaring kolam di luar rumah atau hambatan agar katak/kodok tidak masuk ke kolam ikan Guppy.



3. Penyakit Jamur atau White Spot

Ikan Guppy akan sangat nampak terlihat jika terkena penyakit ini, Penyakit jamur pada ikan Guppy seperti bintik- bintik putih pada tubuh bagian insang, sirip, ekor dan mulut ikan Guppy, yang membuat tubuh ikan Guppy terasa gatal, ikan akan gelisah dan menggesek gesekan tubuhnya ke benda sekitar kolam/aquarium.

Cara mengatasinya :

Pisahkan ikan yang terkena white spot ke kolam perawatan , berikan obat jamur ikan seperti methilyne blue dan produk anti jamur lainya yang tersedia di toko - toko ikan hias.



3 Penyakit pada ikan Guppy diatas merupakan masalah yang sering terjadi saat budidaya ikan Guppy dan dapat diatasi dengan perawatan yang tepat. Sebaiknya mencegah daripada mengobati.



Supaya Guppy tetap segar dan berwarna cerah bagaimana..?


Semprotkan saja 1 – 2 tutup VITERNA dengan semprotkan tangan pada pakannya, setelah agak lembab, keringkan sebentar baru pakan tadi diberikan ke Guppy



Pemesanan Hubungi :

085732846757 / 081216233789

Tidak ada komentar:

Posting Komentar