Jumat, 06 April 2018

Percepat Lingkat Batang Sengon / Jabon



Tanaman Sengon masih banyak dibudidayakan di masyarakat kita, karena memang kebutuhan kayu di Indonesia masih membutuhkan banyak . Termasukdi dalamnya adalah tanaman kehutanan lainnya, seperti  Jabon, Akasia dlsb.

Hal yang dalam percepatan lingkat batang ini ada 2 hal  :

  1. Jarak  Tanam, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembesaran batang Sengon / Jabon maka sebaiknya  jarak tanamnya 3 x 3, dan nanti diusia 2 tahun akan dilakukan tebang pilih. Kenapa minimal 3 x 3, karena perakaran tanaman akan mampu mengambil pupuknya lebih optimal dan juga perkembangan batang lebih baik.
  2. Pupuk dan Waktu Pemupukan, berikanlah pupuk NPK sesuai dengan standar pemupukan dan umur tanaman, sedangkan pemberian produk nasa diberikan dengan SUPERNASA 6 kg / Ha  ATAU SUPERNASA GRANULE   50 kg/Ha. Produk nasa diberikan diawal tanam, di tahun pertama sampai umur tanaman 3 tahun.


2 hal inilah yang membantu percepatan ukuran lingkar batang tanaman kehutanan makin melebar, dan pemupuka dengan produk nasa dilakukan diusia muda dari awal tanam hingga usia tanaman 3 tahun. Setahun dilakukan aplikasi dan pemupukan dengan produk nasa setahun 3x.

Jadi, cukup dipupuk 9x aplikasi selama tanaman Sengon maupun Jabon itu berdiri, sedang NPK menyesuaikan.



Hasilnya, Insya Allah dari hasil pengamatan dan kesaksian dilapangan meningkat lebih dari 25 %, diameter batang, dan kualitas batang mengalami kenaikan grade.Bukan tidak mungkin akan didapatkan  1 batang  = 1 m3 dalam waktu 5 tahun.



Selamat berbudidaya tanaman kehutanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar